Pages

Tuesday 5 June 2018

When I Tried Lengthen The Footsteps


Pada saat awal mulai menekuni lari, beberapa artikel yang saya baca di internet menyarankan agar memperhatikan stride/cadence dan gunakan langkah-langkah pendek untuk lari jarak jauh. Berdasarkan info tersebut, saya membiasakan diri untuk berlari dengan jarak langkah yang pendek. Setelah 2 tahu, hal ini menjadi kebiasaan.

Beberapa waktu lalu, saya tertarik untuk mencoba memanjangkan langkah kaki saya saat berlari. Harapannya agar teknik lari yang saya kuasai semakin bervariasi dan lebih mudah dalam menghadapi berbagai kondisi jalur yang saya lalui. Saya juga suka melihat pelari yang langkahnya panjang-panjang, rasanya mereka seperti mengalir saat berlari.

Hal ini saya coba pada beberapa sesi lari terakhir (sebelum artikel ini dibuat). Hasilnya adalah :

1. Benturan pada kaki terasa lebih keras

2. Ritme nafas dan jantung meningkat

3. Setelah beberapa km, bagian luar tempurung lutut kanan terasa nyeri. Nyeri terasa sampai dengan 1 hari setelah sesi lari berakhir.


Bad result.

Tidak tertarik untuk mencoba lagi. Akan mencoba mempelajari teknik lari lainnya yang cocok untuk lari jarak jauh.


Run On!




No comments: