Pages

Monday 4 June 2018

Cycling & Running Dilemma in Ramadhan


Punya hobi olahraga di luar ruangan itu kadang menyebalkan, cuaca dan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi apakah sesi olahraga bisa berlangsung atau tidak. Pada bulan Ramadhan, sebagi muslim saya berpuasa. Otomatis kegiatan bersepeda atau lari tidak saya lakukan pada pagi-sore hari. Hanya tersisa waktu malam hari setelah sholat tarawih untuk berolahraga, namun itupun membawa masalah tersendiri.

Kenapa saya tidak berolahraga saat berpuasa? Saya cenderung intens dalam bersepeda/berlari sehingga kebutuhan akan air minum cukup tinggi. Puasa selama kurang lebih 12 jam sudah merupakan tantangan tersendiri, rasanya tidak perlu diperberat lagi dengan kehausan akibat berlari/bersepeda.

Kalau berolahraga menjelang berku puasa bagaimana? Lari saya coret dari daftar olahraga menjelang berbuka puasa, sedangkan bersepeda masih bisa saya lakukan, namun kondisi lalu lintas menjelang buka puasa biasanya cenderung ramai dan agresif. Semua pengguna jalan ingin cepat sampai rumah sehingga kadang perilakunya membahayakan. Bersepeda di jalan raya bukan hal yang baik, bersepeda di dalam kompleks perumahan lebih aman tapi membosankan. 

Nah bagimana dengan malam hari setelah sholat tarawih? sholat tarawih rata-rata baru selesai sekitar jam 8:30, sudah cukup malam dan lingkungan pun mulai sepi. Rasa aman cenderung berkurang. Selain rasa aman, faktor udara malam yang dingin juga mempengaruhi kondisi fisik. Olahraga seperti bersepeda/berlari sebaiknya baru dimulai minimal 2 jam setelah makan. Jika setelah buka puasa langsung makan makanan berat, maka saat sholat cenderung mengantuk, tapi jika tidak makan-makanan berat, maka saat olahraga perut akan cenderung kosong.



Olahraga intens dengan perut kosong di udara dingin akan beresiko "masuk angin". Masalah ini sebetulnya bisa selesai jika memiliki trainer dan treadmill di rumah. Alhamdulillah, trainer untuk bersepeda sudah saya miliki. Walaupun tidak se-enak bersepeda di luar, paling tidak keinginan untuk bersepeda masih bisa dipenuhi. Hal ini tidak berlaku untuk keinginan berlari. Saya belum punya treadmill dan tampaknya juga tidak bisa dipenuhi saat ini. 

Sementara ini, saya harus puas dengan bersepeda di trainer dan lari setelah sholat tarawih jika cuaca, kondisi fisik dan kondisi lingkungan memungkinkan. Semoga saya suatu saat bisa memiliki treadmill yang berkualitas untuk mengatasi kondisi ini.




No comments: